Siswa Mengenal Nusantara

HELLO, ASSALAMUALAIKUM :3

Udah lama nggak nge-blog semenjak banyak kesibukan, oh iya, disini aku mau sharing sesuatu, yaitu Program Siswa Mengenal Nusantara (PSMN). Alhamdulillah, aku dipercaya menjadi salah satu dari 17 perwakilan pelajar dari Provinsi Jambi ke Provinsi Jawa Timur pada tanggal 20-31 Desember 2015.

Program Siswa Mengenal Nusantara (PSMN) disini aku singkat jadi SMN aja ya. SMN adalah program pertukaran pelajar yang dilakukan selama 2 minggu sebanyak 17 peserta dengan pendamping dari dinas pendidikan, dinas pariwisata, dan guru berprestasi. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan terhadap Indonesia melalui mengenal dan menghargai budaya daerah lain.

Pada tanggal 28 November 2015, sebanyak 27 orang peserta melakukan seleksi di Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, saat itu dilakukan seleksi administrasi, menulis essay, tes psikotest, tes pengetahuan daerah, tes pengetahuan kewarganegaraan, serta wawancara seputar budaya, sejarah, dan kepemimpinan. Pada saat itu kami mengetahui bahwa hasil tes akan keluar pada tanggal 9 Desember 2015. Aku tinggal dirumah ibu guru ku (Bu Dian) selama tes di Kota Jambi. Setelah selesai tes, Bu Dian memberitahuku supaya tetap bersikap optimis, tetapi apalah daya rasa pesimis ku tetap saja datang karena aku merasa kurang puas saat menjawab tes pengetahuan daerah :') Wali kelasku (Bu Des) juga menelpon dan mengatakan hal yang demikian, serta semangat dari teman-temanku, membuatku merasa campur aduk dengan keoptimisan 70% dan kepesimisan 30%

Hari berganti hari, saat itu dilakukan ujian semester pada awal bulan Desember, akibat masih menunggu pengumuman hasil seleksi, membuat fikiran ku bercampur-campur. Akhirnya tanggal 9 Desember pun tiba, hari itu bertepatan dengan hari pemilihan umum Bupati dan Gubernur di daerahku. Tepat jam 9.33 pagi, aku menerima pesan singkat dari panitia SMN bahwa aku lulus seleksi, Alhamdulillah :)

Aku lalu mempersiapkan segala keperluan untuk keberangkatan, seperti baju, obat-obatan, serta peralatan lain. Pada tanggal 18 Desember, ujian semester telah selesai aku berpamitan dengan warga sekolah dan berangkat ke Kota Jambi dengan ayahku. Esoknya, jam 13.00 aku diantar ke Hotel Cosmo untuk persiapan berangkat ke Provinsi Jawa Timur. Aku pun bertemu teman sekamarku yaitu Nadila, dan aku bertemu dengan 15 teman lainnya saat makan malam. Esoknya, tanggal 20 Desember 2015, kami menuju bandara Sultan Thaha untuk berangkat menuju Jawa Timur. Kami terbang dari Jambi pukul 10.30 WIB, transit di bandara Soekarno Hatta sampai jam 16.30, lalu melanjutkan penerbangan menuju bandara Juanda Surabaya dan tiba pada pukul 18.00 WIB dengan selamat. Kami disambut dengan keramahan dari panitia SMN yang ada di Surabaya, yaitu dari PT Petrokimia Gresik, PT Barata Indonesia, PT Perumnas, dll. Kami makan malam di wisma Kebomas milik Petrokimia Gresik, lalu menuju wisma Puri 2 Petrokimia Gresik pada pukul 22.00 WIB untuk istirahat. Aku satu kamar dengan Nadila dan kami berada di kamar nomor 13.

Esoknya yaitu tanggal 21 Desember 2015, the adventure begin! pada pagi hari kami berangkat dari Gresik menggunakan bus PT Petrokimia menuju ke Surabaya untuk pergi ke Institut Teknologi 10 November (ITS), jembatan Suramadu, makan siang Bebek Sinjay di Madura, dan pergi ke Museum Surabaya SIOLA dan dipandu oleh Cak dan Ning Surabaya, lalu pulang kembali ke wisma di Gresik.

Tanggal 22 Desember 2015, kami berangkat dari Gresik menuju ke destinasi yang sama seperti kemarin, yaitu ke Surabaya, pertama pergi ke Monumen Tugu Pahlawan, Museum 10 November, Kebun Binatang Surabaya (KBS), lalu lanjut makan siang di Warung Kuliner (Wakul) Suroboyo makan Kupat Suroboyo dan Rujak Cingur lalu pergi ke PT Barata Indonesia yaitu BUMN yang bergerak dalam bidang manufacturing dan kembali ke Gresik.

Tanggal 23 Desember 2015, kami pergi dari Gresik menuju Sidoarjo untuk mengunjungi BUMN yang ada di Bandar Udara Juanda Surabaya, yaitu PT Angkasa Pura 1 yang bergerak dalam bidang pengelolaan bandar udara, lalu pergi ke PT Pelindo 3, yaitu BUMN yang mengelola terminal pelabuhan pertama di Indonesia dan kami makan siang disana, setelah itu, kami ke pelabuhan Tanjung Perak dan kembali pulang ke Gresik untuk istirahat.

Tanggal 24 Desember, bertepatan dengan 12 Rabiul Awal (Maulid Nabi) kami mengelilingi kota Gresik dengan sejuta keramahannya bersama Cak dan Yuk Gresik, pertama kami menuju ke Makam Siti Fatimah Binti Maimun, yaitu putri kerajaan yang mendirikan Gresik, lalu kami menuju ke Klenteng Tri Dharma, Alun-alun Kota Gresik, Rumah Kampung Kemasan (RKK), lalu kami makan siang di Warung Apung Rahmawati dimana disini ada Sinom (minuman khas Gresik), dan melanjutkan kunjungan ke SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik (SMANUSA) dimana merupakan pemenang dari lomba perpustakaan terbaik tingkat Nasional, lalu kami pulang ke wisma.

Tanggal 25 Desember, kami berangkat menuju Lamongan, pertama kami pergi ke makam Sunan Drajat, lalu menunggu yang lain shalat Jum'at, setelah itu kami makan siang Kare Rajungan, lalu have fun ke Wisata Bahari Lamongan (WBL), lalu kembali ke Gresik dan beristirahat.

Tanggal 26 Desember, kami berkeliling ke makam para wali, pertama kami ke makam Sunan Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik) di Gresik, lalu ke makam Sunan Giri di Gresik dimana untuk menempuh kesana kami menaiki delman, lalu kami makan siang di Ikan Bakar Cianjur (IBC) dan bertolak menuju Surabaya untuk pergi ke makam Sunan Ampel lalu pergi ke Plaza Surabaya dan kembali ke Gresik.

Tanggal 27 Desember, kami berangkat dari Gresik menuju Malang, saat itu kami sarapan di bus karena berangkat lebih awal, dikarenakan macet kami sampai pada pukul 10.00 WIB dan menuju ke Arboretum Sumber Brantas PT Jasa Tirta 1 yang terletak di Gunung Arjuno dan Anjasmoro di Kota Batu, kami juga melihat sumber mata air kali Brantas, setelah itu kami makan siang penyetan ayam di Malang, lalu menuju Kota Batu untuk pergi ke Jatim Park 2, disana kami hanya masuk ke Museum Satwa dan tidak masuk ke Secret Zoo dikarenakan waktu yang tidak cukup dan hari hujan, kami lalu kembali ke Kab. Malang dan menginap Hotel Jasa Tirta 1 yang terletak dekat dengan waduk Selorejo, PT Jasa Tirta 1 adalah BUMN penyedia jasa air di Wilayah Jatim dan sekitarnya.

Tanggal 28 Desember, kami check out dari hotel dan pergi menuju ke Kota Malang yaitu ke Universitas Brawijaya (UB) yang merupakan universitas terbaik nomor 4 se-Indonesia. Kami lalu bertolak ke Pasuruan unuk pergi ke Repoeblik Telo yaitu SPAT yang mengolah telo (ubi jalar/rambat) menjadi makanan yang menarik dan bergizi, disana kami mencicipi bakpao telo. Setelah itu kami makan siang di bus lalu menuju ke Masjid Cheng Hoo yaitu masjid dengan arsitektur Thionghoa yang da di Pasuruan, lalu kami melanjutkan perjalanan. Sampai di Sidoarjo, kami pergi ke Lumpur Lapindo dan melihat bagaimana kesalahan PT Lapindo Brantas pada saat pengeboran hingga mengakibatkan bencana yang luar biasa. Setelah itu kami kembali ke Gresik.

Pada tanggal 29 Desember, kami menuju perumahan milik PT Perumnas yang bergerak dalam penyedia jasa konstruksi di Gresik, kami lalu diberi makan siang di Ikan Bakar Cianjur (IBC) di Surabaya, lalu pergi ke PT Semen Indonesia yang merupakan holding company dari 4 perusahaan semen dan mendengarkan penjelasan tentang Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). Setelah itu, kami pulang ke wisma untuk mempersiapkan presentasi yang akan dilakukan esok pagi dan mengakibatkan kami semua tidur waktu subuh.

Pada tanggal 30 Desember, kami bersiap-siap untuk presentasi ke Wisma Kebomas, sebelum itu, kami berkeliling ke PT Petrokimia Gresik yang bergerak dalam produksi pupuk tanaman, lalu presentasi berjalan dan alhamdulillah semua dari kami bisa melaksanakannya. Kami makan siang disana lalu melanjutkan perjalanan untuk belanja ke Ramayana di Gresik, lalu kami kembali ke wisma untuk istirahat. Bukannya istirahat, kami malah pergi ke toko batik yang ada dekat dengan wisma dengan jalan kaki. Pada malam hari, kami diberitahu bahwa ada acara perpisahan dan makan malam di wisma Kebomas, pada malam itu pertama-tama senang dan aku sempat menyanyikan sebuah lagu, dan joget bareng teman-teman tetapi setelahnya kami semua menangis karena tidak ingin berpisah dan teringat atas kenangan yang telah kami buat sebelumnya. Kami lalu kembali ke wisma dan packing untuk pulang ke Jambi sampai jam 2 dini hari.

Pada tanggal 31 Desember, kami berangkat dari wisma menuju ke bandara Juanda dengan keadaan lesu karena tidak ingin berpisah, kami terbang pada pukul 10.30 WIB dan transit di bandara Soekarno Hatta lalu terbang ke Jambi jam 17.30 WIB dikarenakan cuaca buruk. Kami lalu sampai di Jambi dan disambut keluarga masing-masing dengan gembira. Tetapi, malam itu kami menginap di Hotel Cosmo untuk perpisahan di Jambi dan bertemu dengan SMN Sulawesi Tenggara yang pergi ke Jambi, kami melakukan acara malam tahun baruan, menyampaikan uneg-uneg, dan saling bernostalgia bertukar kenangan, dan pada akhirnya jam 3 dini hari kami ke kamar masing-masing untuk istirahat.

Pada tanggal 1 Januari 2016, kami semua kesiangan lalu sarapan pagi, mulai jam 09.00 WIB, satu persatu teman-temanku kembali ke rumah masing-masing dengan rasa sedih karena ini mungkin bisa jadi pertemuan teakhir diantara kami semua... Thanks for our memory, dont forget the memories, always remember that we will meet again someday, good luck for us, SMN Jambi 2015!

Ucapan Terima Kasih :
1. Allah swt yang telah memberikanku rezeki untuk bisa ikut serta dalam SMN. Alhamdulillah for all the blessings You give to me.
2. Untuk ayah dan ibuku, terima kasih telah mendoakan anakmu selama ini, serta keluarga yang selalu men-supports kapanpun dan dimanapun.
3. Kepada BUMN yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, sehingga menambah pengalaman serta liburan tanpa biaya karena 100% kebutuhan (kecuali oleh-oleh) ditanggung BUMN. syukran katsiiran, BUMN.
4. Kepala SMAN 1 Ktl (Pak Khairil Anam, S.Pd) yang telah memberikan motivasi kepadaku supaya jangan kalah bersaing dengan orang lain. Terima kasih banyak, Pak.
4. Guru pendampingku (Bu Dian Adila, S.Pd) yang telah memberikanku banyak kebaikan, ibu seperti orang tua sendiri, selalu memberi motivasi dan semangat meyakinkan bahwa aku pasti bisa.
5. Wali kelasku (Bu Desrita Yenti, S.Pd) serta teman-teman Aquades (XI IPA 3) yang sepenuhnya mendukungku mulai dari awal hingga sekarang ini, my love is always for us.
6. Majelis guru SMAN 1 Ktl, yang telah memberikan semangat kepadaku dan membantu dalam memberi informasi, terima kasih banyak Pak, Bu.
7. Sahabatku, greget (Tika, Tiwi, Dwi, Muti, Mariati, Nadia, Dinda, Sabrina, Kiky, dan Qissiy) terima kasih telah mendukung dan bersamaku sejak dulu, makasih ye kawan kawan.
8. Terakhir, teman-temanku dari SMN yang telah memberikan secoreh kenangan Aditiawan Firmansyah (Adit) SMAN 2 Kuala Tungkal, Altahira Wadhah (Tata) SMAN 3 Kota Jambi, Andi Faishal FFF (Andi) SMAN TT HAS, Arief Zohiril Fikri (Arief) SMAN 1 Merangin, Asep Irawan (Asep) SMAN 1 Sarolangun, Catur Muqromin (Catur) SMAN 1 Tanjabtim, Edo Rafiskan (Edo) SMAN 2 Muaro Jambi, Fella Cika Attaqy (Cika) SMAN 6 Kota Jambi, Fransiska GP Purba (Gaby) SMAN 1 Muara Bungo, Gendis Sonia Mayranda (Gendis) SMAN 4 Kota Jambi, Hikmah Suciani (Hikmah) SMAN 8 Batanghari, Intan Oktavia (Intan) SMAN 4 Sungai Penuh, Nadila Dwitantri (Nadila) SMAN TT HAS, Neng Early Oktavia (Early) SMAN 1 Tanjabtim, Hikmah Nurul (Nurul) SMAN 1 Muaro Jambi, dan Yuni Citra Wulandari (Citra) SMAN 1 Muara Bungo, serta pendamping Pak Zamzimi (Jimi) Dinas Pendidikan Prov.Jambi dan Pak Yorinal AR (Yori) Guru SMAN 11 Kota Jambi, semoga kita bisa bertemu lagi untuk kedepannya, terima kasih untuk 2 minggunya.

Tulisan ini bukan berniat untuk dipamerkan, tetapi hanya bersifat untuk memotivasi saja, mungkin tahun ini juga akan diadakan program SMN, untuk adik-adik kelas, prepare yourself, ya! Lumayan liburan gratis tambah pengalaman dan teman, juga ke daerah orang lain wkwk.

Untuk foto kegiatan SMN se-Indonesia ada di link di bawah ini.