Kerja Enak Ga Sih?

Hai guys, I'm back hehehe, setelah 3 tahun terakhir aku (lumayan) sibuk menyelesaikan kuliahku dan bertemu dengan dunia kerja. Kuliah yang hanya selama setahun membuatku sedikit puyeng hehe. Ditambah lagi karena berkuliah di kedinasan, PKN STAN pula, yang katanya masuk 'susah' keluar juga 'susah' :)



Untuk part ini aku mau jelasin betapa rumitnya dunia kerja ku. Kalian bayangkan, keluar dari salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan dalam waktu satu tahun saja hingga namaku menjadi Nadya Salsabila, A.P.B.C. Dengan umur yang masih 18 tahun, aku berusaha menyeimbangkan antara kenyataanku sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan rasa labil dalam diriku.

Tiga tahun terakhir boleh dibilang sebagai dinamika terbesar dalam hidupku, seketika aku yang dulunya manja harus bisa berubah menjadi perempuan yang tangguh. OKEE, curhatnya dijeda dulu ya wkwkw...

Setelah bergejolak dengan kehidupan ibukota, aku diberikan kesempatan melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada Agustus 2018 di kampungku, Kota Jambi. Sudah terasa nyaman dan ingin rasanya penempatan disana, setelah yudisium dan wisuda SKEP UP-9 a.k.a penempatanku malah menuju Tembilahan.

Well, Tembilahan tidak terlalu buruk bagiku, karena masih tergolong homebase (jarak 2 jam dari rumahku menggunakan speedboat). Aku tidak sendiri, ada 22 teman lain yang menemani, dan uniknya baru pertama kali ada perempuan yang ditempatkan disini dari lulusan PKN STAN, yaitu kami sejumlah 9 orang.

Untuk penempatan pertama aku ditempatkan di Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) atau nama lainnya disebut humas. Banyak pengalaman yang didapat terutama mengenai public relationsphotographer,news writer, nge-mc, dsb. Seru bangeet! Bisa belajar apa yang belum pernah dipelajari.

Kesempatan kedua aku ditempatkan di Pengolahan Data dan Administrasi Dokumen, kalau di kantor sih disebutnya pabean, dimana kerjaannya mengolah data dan dokumen Kepabeanan dan Cukai khususnya kegiatan ekspor impor. Untuk saat ini aku masih nyaman, doakan sampai seterusnya ya hehe...

Kalau ditanya temen-temen sebenernya kerja enak ga sih? Jawabannya tentunya ada enak ga enaknya, tergantung sudut pandang kita masing-masing. Aku list aja ya enak dan ga enaknya

Enaknya:
1. Punya gaji sendiri;
2. Lebih mandiri;
3. Bisa mencukupi kebutuhan sendiri;
4. Bekerja bareng orang yang lebih tua;
5. Dapat fasilitas rumah dinas dan kendaraan dinas;
6. Dll.

Ga Enaknya
1. Waktu main jadi berkurang;
2. Kadang ada lembur;
3. Lebih berhati-hati dalam bersikap;
4. Dianggap sudah dewasa;
5. Kangen rumah;
6. Dll.

Namun, sejauh ini tentunya yang aku dapet lebih banyak enaknya. Alhamdulillah, setiap bulan sudah dapat penghasilan tetap karena aku sudah sah menjadi Pegawai Negeri Sipil sejak Desember 2019. Saat-saat pandemi seperti ini, kembali membayangkan bahwa rezeki yang Tuhan telah beri ke aku sangat berarti. Tentunya mengingatkan diri untuk muhasabah diri dan berbagi rezeki.

Tulisan ini tentunya bukan niat untuk menyombongkan diri, namun hanya sebagai wahana bertukar pikiran ala aku. Maaf apabila diksinya masih berantakan karena hanya menumpang mengutarakan perasaan.

Untuk teman-teman yang masih dalam prosesnya masing-masing, misal kuliah, sekolah, ataupun masih mencari jati diri, teruslah semangat dengan usaha masing-masing. Memang pencapaian yang kita dapat itu berbeda-beda, yuk berjuang untuk masa depan kita! <3

Komentar

  1. Keren sih, semoga bisa cepat kerja juga wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa nih si 11? Aamiin.. semoga rezeki lancar menyertaimu yaa, semangat!

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengamatan Tanaman Pacar Air

SMAN 1 KUALA TUNGKAL

Karya Ilmiah Remaja Biji Pepaya